RS Delta Surya Sidoarjo: Berikut Penyebab dan Makanan Sehat untuk Diabetes


Diabetes merupakan penyakit yang berlangsung lama karena kadar gula dalam darah tinggi atau berada diatas normal. Glukosa tang menempel dalam darah membuat gangguan organ tubuh dan dapat membahayakan nyaman penderitanya. Glukosa dikenal sebagai sumber energi tubuh manusia, kadar gula dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh organ pankreas. Jika mengalami diabetes maka pankreas tidak dapat memproduksi insulin yang dibutuhkan oleh manusia. Terdapat 2 diabetes yaitu diabetes 1 dan diabetes 2. Kedua diabetes dapat dikonsultasikan untuk mendapatkan penanganan maupun pengobatan di RS Delta Surya Sidoarjo dengan dokter spesialis terbaik.

Diabetes 1 terjadi karena kekebalan tubuh membuat sel-sel pankreas hancur dan diabetes 2 merupakan kelebihan insulin atau insulin yang dihasilkan tidak digunakan dengan baik. Ibu hamil dapat mengalami diabetes gestational yang memberikan perubahan hormon dan gula darah, kondisi seperti ini akan kembali normal pada ibu hamil setelah melakukan persalinan. Gejala penderita diabetes adalah sering merasa haus dan buang air kecil terutama pada malam hari, menurunnya berat badan, berkurangnya massa otot, adanya keton atau sisa pemecahana otot dan lemak pada urine, tubuh menjadi lemas, pandangan menjadi kabur, luka pada tubuh tidak dapat sembuh dan mengalami infeksi pada saluran kemih, gusi maupun kulit.

RS Delta Surya Sidoarjo
Berdasarkan RS Delta Surya Sidoarjo, faktor resiko diabetes 1 adalah memiliki riwayat genetik dari keluarga tipe 1, memiliki kulit berwarna putih dan menderita infeksi virus, berpergian ke daerah jauh dari khatulistiwa dan terjadi pada usia manusia 4-7 tahun dan 10-14 tahun. Untuk resiko tipe 2 karena kelebihan berat badan, memiliki riwayat genetik, kurang beraktivitas fisik, semakin bertambah usia maka akan semakin beresiko menderita penyakit ini, memiliki tekanan darah tinggi, memiliki kadar kolesterol dan yang tinggi dan kadar trigliserida.

Untuk melakukan diagnosis maka biasanya melakukan tes gula darah dalam jam tertentu secara acak dan tidak mengharuskan puasa jika lebih dari 200 mg/dL dapat menderita diabetes. Melakukan tes gula darah dengan 8 puasa sebelum pengambilan darah dengan 100-125 mg/dL merupakan normal dan jika lebih maka menderita diabetes. Tes toleransi glukosa dengan puasa semalaman dan meminum larutan gula, setelah 2 jam akan menunjukkan nilai diatas 200 mg/dL akan menderita diabetes dengan batas normal dibawah nilai tersebut.

Berikut adalah beberapa makanan sehat untuk penderita diabetes diantaranya:
  • Bayam, memiliki kandungan lutein yang dapat menormalkan kembali kadar gula yang terdapat dalam tubuh.
  • Buah acai berry, memiliki kandungan asam lemak omega 3 dan 6 dapat memperbaiki kerusakan sel akibat diabetes.
  • Bawang putih, memiliki kandungan protein, vitamin A, B-1 berfungsi menormalkan kadar gula dalam darah.
  • Oatmeal, memiliki serat yang tinggi sehingga tidak meningkatkan gula darah dengan cepat dan tinggi.
  • Beras merah, kaya akan serat dengan kekenyangan yang lebih tahan lama dan tidak merasa ngantuk setelah memakannya.
  • Yoghurt tanpa lemak, merupakan cemilan di sela-sela kegiatan dan pilihan sehat untuk penderita diabetes.

Untuk buah penderita diabetes disarankan RS Delta Surya Sidoarjo untuk mengonsumsi buah naga, apel hijau, buah mengkudu, pepaya, cuka apel, alpukat, jambu air dan belimbing wuluh. Untuk jenis sayuran dapat mengonsumsi tauge, lidah buaya, kangkung, kacang merah, sawi hijau, daun pandan, daun selada, pare dan daun serai. Untuk makanan pokok dapat mengonsumsi gandum, ubi jalar, beras merah, ketela pohon dan kentang. Untuk makanan daging dapat mengonsumsi ikan tuna dan ikan salmon.

Posting Komentar

0 Komentar