Apa Hubungan Sakit Kepala dengan Gangguan Syaraf?


Sakit kepala merupakan gejala umum yang sering dialami oleh semua orang di dunia ini. Penyebab sakit kepala sangatlah beragam mulai dari hal yang ringan hingga hal yang perlu ditangani secara serius. Secara umum, sakit kepala disebabkan karena seseroang terlalu lama duduk (kurang beraktivitas), menatap layar televisi maupun komputer dan ponsel dalam waktu yang lama, kurang tidur, membaca buku terlalu lama, kurang minum, sering merokok, rambut basah karena kehujanan, dan masih banyak hal lainnya. Jika Anda merasakan sakit kepala karena hal-hal tersebut, maka yang perlu Anda lakukan hanyalah beristirahat dan beraktivitas normal. Namun bagaimanakah jika sakit kepala terjadi bukan karena sebab-sebab tersebut? Sebagian orang beranggapan bahwa sakit kepala yang berkelanjutan berhubungan dengan gangguan syaraf. Hal tersebut nyatanya memang benar lantaran salah satu penyebab penyakit saraf otak ialah adanya penyakit pada pembuluh darah di otak, yang menyebabkan sakit kepala itu terjadi. Untuk itu, Anda harus bisa membedakan sakit kepala biasa dan sakit kepala karena gangguan sayaraf.

Ilustrasi
Sakit kepala yang disebabkan karena gangguan syaraf biasanya tidak kunjung reda selama berhari-hari. Meskipun dapat diredakan dengan obat penghilang sakit kepala, namun sakit kepala tersebut akan kembali menyerang dalam kurun waktu yang tidak lama. Umumnya, sakit kepala jenis ini akan disertai dengan tanda-tanda lainnya. Apabila Anda sering merasakan sakit kepala yang disertai dengan tubuh lemas dan berujung pada kehilangan keseimbangan koordinasi gerak tubuh, maka kemungkinan besar sakit kepala tersebut terjadi lantaran salah satu syaraf dalam otak mengalami gangguan. Tidak hanya itu, sakit kepala yang terjadi akibat gangguan syaraf otak akan diiringi dengan gejala kebingungan, mual dan muntah, demam, serta kaku pada bagian leher. Anda harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter apabila sakit kepala yang Anda alami seringkali menyebabkan tubuh kejang. Jika hal tersebut tidak segera ditangani secara serius, tentu akan berakibat fatal di kemudian hari.

Pada saat menjalani konsultasi, dokter akan menelusuri riwayat sakit kepala yang Anda derita dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait penyebab dari sakit kepala tersebut. Jika sudah di temukan penyebabnya, dokter akan memberikan penanganan kepada Anda tergantung tingkat keparahan sakit kepala Anda. Sebagai tindakan pertama, dokter akan memberikan resep obat sesuai dengan tingkat keparahan dari sakit kepala Anda. Tetapi apabila sakit kepala yang Anda derita masih juga tak kunjung reda hingga obat habis, dokter akan melakukan tindakan pemeriksaan yang lebih serius seperti melakukan CT scan, PET scan, EED, dan MRI.

Melihat penjelasan di atas, pastinya Anda telah mengetahui bahwa sakit kepala berkelanjutan bisa dikatakan seagai salah satu penyebab penyakit syaraf otak. Sakit kepala seperti ini umumny akan sembuh dengan terapi-terapi alami yang dituntun oleh ahlinya atau dengan obat resep dokter. Namun jika Anda merasa bahwa sakit kepala yang Anda derita adalah sakit kepala biasa, maka Anda bisa melakukan beberapa hal alami untuk mengatasi sakit kepala tersebut. Selain dengan istirahat dan tidur, Anda bisa melakukan beberapa hal alami lainnya. Dalam hal ini, es batu merupakan alat pengobatan yang cukup efektif untuk mengatasi sakit kepala sementara. Caranya pun cukup mudah yakni hanya dengan menempelkan es batu pada bagian kepala Anda yang sakit. Agar es batu tidak mudah terjatuh dan membasahi kepala, Anda bisa membungkus es batu tersebut dengan plastik. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengantisipasi terjadinya sakit kepala dengan memperbanyak konsumsi air putih. Hal tersebut akan lebih baik lagi jika Anda rutin mengonsumsi makanan berkaliaum seperti buah pisang, semangka, dan umbi kentang. Menariknya lagi, mengnsumsi kopi ternyata sangat ampuh untuk menyembuhkan sakit kepala ringan lohh!! Nah, dengan mengonsumsi makanan serta minuman yang telah disebutkan, dijamin sakit kepala ringan Anda akan hilang dengan sendirinya. Dengan demikian, Anda tidak perlu membeli obat sakit kepala yang dijual bebas di toko atau apotik tertentu. Pada dasarnya, konsumsi obatan-obatan kimia secara berkepanjangan sangat tidak dianjurkan oleh dokter pasalnya memiliki dampak jangka panjang terhadap tubuh.

Posting Komentar

0 Komentar