Berencana Pindah Kerja Ke Jakarta? Yuk Cari Hunian yang Pas di Sekitar DKI





DKI Jakarta adalah ibukota Negara Indonesia dimana kota ini merupakan kota yang paling padat penduduknya di tanah air. Berbagai perantau dari seluruh nusantara datang berbondong-bondong ke kota Jakarta untuk mengadu nasib. Sebagai kota yang besar, DKI Jakarta bisa menjadi solusi yang paling tepat untuk Anda yang ingin mendapatkan kerja dengan hasil yang besar. Jika Anda berencana untuk pindah kerja ke Jakarta, Anda bisa mempertimbangkan untuk beli rumah di DKI.

Foto Ilustrasi
Rumah di DKI Jakarta memang terkenal mahal. Biaya hidup di kota Metropolitan ini juga tinggi. Anda harus bersiap-siap lahir dan batin akan semua hal tersebut. Jika Anda memang sudah benar-benar siap, barulah Anda bisa mencari tempat tinggal di Jakarta. Bagaimana kriteria rumah yang harus Anda cari?

Kriteria Rumah Menarik di Jakarta
Untuk Anda yang ingin tinggal di Jakarta dengan penuh kenyamanan, Anda bisa memperhatikan beberapa kriteria penting. Nantinya, Anda akan tinggal bersama keluarga tercinta di Jakarta. Jadi, Anda benar-benar harus mencari tempat tinggal yang nyaman untuk keluarga. Bagaimana kriteria rumah yang menarik dan nyaman untuk ditinggali? Inilah kriteria rumah ideal yang penting untuk Anda ketahui.

1.      Asri
Rumah yang nyaman adalah rumah yang asri. Kriteria rumah yang nyaman ini memang tidak bisa dipungkiri lagi. Jangan salah, meskipun Jakarta dikenal sebagai kota yang panas, namun ada beberapa titik terbaik di Jakarta yang bisa dijadikan sebagai rumah untuk tinggal.

Sebisa mungkin, Anda harus mencari rumah yang memiliki lingkungan sekitar yang asri dan segar. Anda bisa membuat taman atau pun menanam pohon di sekitar rumah jika lahan Anda memang memungkinkan.

2.      Sehat
Kriteria rumah menarik dan ideal kedua di kota Jakarta adalah sehat. Anda harus memilih rumah yang memiliki lingkungan yang sehat.Jangan sampai Anda memilih rumah di lingkungan yang kumuh. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada kesehatan fisik dan psikis Anda.

Carilah rumah yang memiliki kualitas air yang baik, konstruksi bangunan yang nyaman, serta mendapatkan sinar matahari agar rumah yang Anda hunitidaklembab. Dengan lingkungan rumah yang sehat, Anda akan betah untuk tinggal di rumah tersebut.

3.      Akses mudah
Karena Anda pindah ke Jakarta dengan alasan pindah kerja, maka Anda harus mencari hunian yang dekat dengan tempat kerja Anda. Mencari rumah di dekat tempat kerja bisa dilakukan dengan cara survei tempat terlebih dahulu. Anda bisa datang ke kawasan perumahan atau perkampungan di dekat tempat kerja Anda.

Atau, Anda bisa mendapatkan informasi tentang ketersediaan rumah yang dekat dengan tempat kerja melalui rekan kerja atau saudara Anda. Dengan memiliki rumah yang dekat dengan tempat kerja, maka Anda tidak akan menghabiskan banyak uang untuk biaya transportasi. Uang transportasi nantinya bisa Anda gunakan untuk ditabung

4.      Tetangga yang ramah
Mengapa kriteria rumah yang ideal termasuk memiliki tetangga yang ramah? Bagaimanapun juga, manusia merupakan mahluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Janganlah menjadi orang yang individualis. Anda membutuhkan tetangga yang ramah dan menyenangkan agar bisa diajak kerjasama dengan mudah dalam hal tolong menolong dan menjaga lingkungan sekitar.

Apakah keempat kriteria di atas bisa dengan mudah ditemukan ketika Anda sedang mencari hunian di Jakarta? Meskipun kedengarannya tidak mudah, semua itu merupakan hal yang bukan tidak mungkin. Anda bisa menggunakan beberapa tips menarik dalam mencari hunian yang nyaman di DKI Jakarta berikut ini.

Tips Mencari Hunian yang Nyaman di DKI Jakarta
Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hunian yang nyaman di Jakarta. Dunia sekarang sudah merupakan dunia digital. Anda bisa mendapatkan informasi yang mudah melalui internet. Untuk mendapatkan rumah murah yang sedang dijual di Jakarta, Anda bisa mengandalkan internet. Selain itu, Anda bisa menanyakan mengenai informasi rumah yang murah melalui rekan kerja di tempat kerja Anda yang baru.

Untuk mendapatkan rumah yang murah di DKI Jakarta, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

1.      Cari rumah di pinggiran kota
Rumah di pinggiran kota memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan rumah di perkotaan layaknya di Pondok Indah atau Kemang. Tidak apa Anda tinggal di pinggiran kota asalkan tempat tersebut memang terjangkau dari tempat kerja Anda. Selain itu, pastikanlah bahwa rumah di pinggiran kota tersebut benar-benar layak huni.

Rumah di pinggiran kota juga bisa ditinggali dengan nyaman. Apalagi jika Anda pandai dalam mendekorasi rumah. Karena harganya yang jauh lebih murah, maka Anda bisa membeli rumah dengan ukuran lahan yang besar. Anda bisa membangun taman atau pun hal menarik lainnya.

2.      Rumah yang dilelang
Berikutnya, Anda bisa mencari rumah yang dilelang. Rumah yang dilelang biasanya memiliki harga yang jauh lebih murah. Rumah di lelang biasanya dilakukan oleh bank-bank. Anda bisa mencari banyak informasi tentang pelelangan rumah dari bank-bank atau dari internet.

Jika Anda benar-benar tertarik dengan penawaran rumah yang dilelang tersebut, Anda bisa segera mendatangi lokasi. Jangan lupa, tanyakanlah dan lakukan negosiasi harga dengan pihak pelelang rumah. Jika beruntung, Anda akan mendapatkan rumah yang nyaman dengan harga yang murah.

3.      Rumah yang sudah tua.
Kedengarannya, beli rumah di DKI yang sudah tua memang kurang menarik. Namun, ini menjadi salah satu solusi yang tepat bagi Anda yang sedang mencari rumah yang murah di Jakarta. Tidak masalah rumah tersebut sudah tua yang penting lokasi rumah tua tersebut terjangkau dari tempat kerja Anda.

Nantinya, Anda bisa melakukan renovasi pada rumah tersebut untuk membuatnya menjadi lebih menarik. Rumah yang sudah tua ternyata juga tidak selalu memiliki harga yang murah. Nyatanya, banyak rumah tua di Jakarta yang memiliki harga yang melonjak karena permintaan yang banyak. Oleh karena itu, Anda bisa mencari banyak-banyak informasi tentang rumah tua di Jakarta yang sedang dijual.

4.      Pilih rumah kontrakan
Membeli rumah baru di Jakarta dengan harga yang murah memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Jika Anda sudah berusaha namun Anda belum mendapat rumah yang Anda inginkan, Anda bisa memutuskan untuk menggunakan rumah kontrakan terlebih dahulu.

Rumah kontrakan di Jakarta biasanya disewakan dalam tempo bulanan atau pun tahunan. Anda bisa memilih tempo waktu pembayaran sesuai dengan kemampuan Anda. Carilah rumah kontrakan yang dekat dengan tempat kerja Anda sembari mencari rumah yang benar-benar cocok untuk Anda beli.

Jika Anda telah  mendapatkan beberapa referensi tentang rumah yang murah di Jakarta, jangan lupa untuk membandingkannya. Lakukan survei ke masing-masing rumah yang menarik perhatian Anda. Pastikan Anda telah memilih rumah yang benar-benar memiliki fasilitas kenyamanan untuk kehidupan Anda kedepannya.

Jika Anda berminat, Anda juga bisa menggunakan jasa makelar untuk membantu Anda dalam mencarikan rumah dengan cepat di Jakarta. Namun tentunya, Anda juga harus membayar biaya makelar tersebut sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati

Posting Komentar

0 Komentar