Kebakaran di Sindoro-Sumbing, Habiskan 1.122 Hektar Hutan



Kabar terbaru 2018 hari ini dari Sindoro – Sumbing. Pada Minggu, 16/9/2018 terjadi kebakaran hutan di wilayah Gunung Kembar. Dari data Perhutani Wonosobo, telah dilaporkan sekitar 1.122 hektar lahan hutan terbakar di kawasan Wonosobo, Magelang dan Temanggung. Hingga saat ini, masih ada beberapa titik api di kawasan Temanggung yang dekat dengan Gunung Sumbing perbatasan Wonosobo.

Menurut Perhutani, kebakaran paling luas terjadi di wilayah gunung sumbing Temanggung yakni sampai 490 hektar. Sedangkan di kawasan Wonosobo lahan yang terbakar sekitar 30 hektar dan 100 hektar pada lahan di kawasan Magelang. Kabar terbaru hari ini, diinformasikan bahwa sangat disayangkan karena hutan di Indonesia terus menerus berkurang, khususnya di Pulau Jawa. Pemerintah bersamaan dengan masyarakat harus berupaya mengatasi hal ini.

Supriyono, wakil dari Perhutani Wonosobo menjelaskan lewat sambungan telepon, tercatat sekitar 1.122 hektar lahan terbakar sampai kemarin. Dan saat ini kebakaran di Gunung Sindoro sudah padam, tinggal memadamkan api yang berkobar di daerah Gunung Sumbing Temanggung. Api di Gunung Sumbing, berawal dari daerah Temanggung, lalu merambat ke area Magelang dan Wonosobo. Sekarang, sudah dilakukan upaya untuk pemadaman di area Temanggung.

Lebih lanjut lagi, Supriyono juga mengungkapkan karena kebakaran terjadi di area gunung, sehingga medannya cukup sulit. Selain itu, keterbatasan alat pemadaman juga membuat proses pemadaman tidak bisa dilakukan dengan cepat. Selama ini, tim pemadam hanya menggunakan peralatan-peralatan seadanya. Medan gunung yang curam, peralatan manual membuat proses pemadaman di kedua gunung terganggu.

Selain ketebatasan peralatan, keterbatasan sumber air terdekat juga menjadi kendala pemadaman api di Gunung Sumbing. Hingga sekarang, petugas TNI/ Polri tetap berjaga-jaga di lokasi kebakaran dengan warga setempat. Akses ke lokasi kebakaran butuh waktu sekitar 4 jam. Jadi, sebelum sampai di lokasi sudah menghabiskan energi petugas pemadam. Salah satu upaya untuk menghambat perembetan api adalah dengan memangkas pohon.

Akibat kebakaran ini, pendakian di gunung Sindoro dan Sumbing ditutup karena ingin fokus pada pemadaman api di kawasan hutan kedua gunung tersebut. Penutupan pendakian belum bisa ditentukan sampai kapan waktunya.

Posting Komentar

0 Komentar